-->

Selasa, 13 Desember 2016

Saksi Fakta: Gus Dur Tak Pernah Didik Ahok


Terdakwa kasus penistaan agama Basuki T. Purnama mengaku hasil didikan mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur sehingga tidak mungkin melakukan penistaan agama, seperti yang didakwakan kepadanya.

Tapi pengakuan Gubernur DKI Jakarta nonaktif yang kerap disapa Ahok tersebut dibantah. Mantan Ketua Umum PBNU yang karip dipanggil Gus Dur itu baru mengenal Ahok saat dirinya mau maju pada Pilkada Belitung Timur, tahun 2005 lalu.

"Mana pernah (Gus Dur didik Ahok). Kenal sama Gus Dur juga baru saat mau nyalon Bupati Belitung Timur saja," kata mantan Sekjen PKB Lukman Edy (Selasa, 13/12).

Kemudian, sambung Lukman, baru pada tahun 2007 Ahok diperkenalkan kepada Gus Dur oleh PKB saat akan maju dalam Pilgub Bangka Belitung tahun 2007.

"Gus, ini ada yang mau nyalon jadi gubernur Babel. Gus Dur jawab, bagus lah," kata Lukman menceritakan ulang pernyataan Gus Dur.

Sebagaimana diketahui, saat membacakan nota pembelaan pagi tadi, Ahok mengaku selalu berpegang pada pesan Gus Dur agar menjadi pelayan masyarakat.

Bahkan, dalam pesan itu , Ahok meminta majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara memutar video Gus Dur berdurasi sembilan menit yang meminta masyarakat memilih Ahok pada Pilkada Babel tahun 2007 silam.
RMOL

Previous
Next Post »