-->

Sabtu, 10 Desember 2016

Unand Pelopor Gerakan Shalat Shubuh Berjamaah di Kampus

PADANG -- Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menjadi pelopor Gerakan Subuh Berjamaah Nasional yang telah resmi dicetuskan di 21 perguruan tinggi se-Indonesia 14 Oktober 2015.

"Saat Universitas lain belum, Unand telah memulai melaksanakan salat Subuh berjamaah mahasiswa sejak 2007 lalu, setelah itu banyak perguruan tinggi lain mencontohnya," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unand, Aprisal di Padang, Senin Malam.

Menurut dia program Subuh Berjamaah atau Subuh Mubarokah ini telah banyak dicontoh oleh perguruan tinggi lain karena banyak memiliki manfaat. Terutama berkaitan dengan pembinaan mental dan karakter mahasiswa.

Tidak jarang katanya, dalam setiap kunjungan perguruan tinggi lain ke Unand, program Subuh Mubarokah tersebut menjadi fokus pertanyaan tamu tersebut.

"Tidak lama berselang perguruan tinggi tersebut menerapkan hal serupa," katanya.

Dalam perkembangannya terjadi kesepakatan antara universitas untuk menjadikan Subuh Mubarokah menjadi program nasional dengan peresmian Gerakan Subuh Berjamaan Nasional. Dia berharap upaya Unand ini akan terus menjalar ke berbagai universitas lain.

Bukan hanya perguruan tinggi di dalam negeri namun juga diadopsi oleh universitas di luar negeri. "Subuh Mubarokah atau gerakan Subuh berjamaah ini menitikberatkan pada silaturahmi dan komunikasi antara mahasiswa dan pimpinan serta ajang penigkatan pendidikan agama," katanya.

Sementara itu salah satu mahasiswa Unand, Endro Sulistiyanto merasakan manfaat dari Subuh Mubarokah tersebut.
Menurutnya selain memperoleh kesempatan berjamaah shalat, kegiatan ini juga memberi ketenteraman jiwa dengan ceramah yang diberikan beberapa narasumber.

Dijadikannya Unand sebagai pelopor gerakan Subuh Berjamaah tersebut merupakan kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa selaku civitas akademikanya.
Sumber : Antara

Previous
Next Post »